- ITIL(information technology infrastructure library).
- Merupakan sebuah konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi. ITIL menekankan siklus hidup layanan yang disediakan oleh teknologi informasi dibagi menjadi 5 bagian :
- Service Strategy
- Service Design
- Service Transition
- Service Operation
- Continual Service Improvement
- ASL (Application Service Library).
- ASL adalah kepanjangan dari Application Service Library. Kumpulan dari pedoman praktek terbaik tentang pengelolaan pengembangan dan pemeliharaan aplikasi. Yang meliputi empat pesan utama yaitu :
- Manajemen aplikasi, pemeliharaan dan peningkatan Sistem Informasi, menjadi semakin penting.
- Tuntutan pasar bahwa agar supaya manajemen aplikasi menjadi lebih profesional dan lebih maju, hal ini merupakan sebagian dari akibat perkembangan manajemen infrastruktur.
- Tidak ada standarisasi proses manajemen, praktik terbaik berbeda antara satu organisasi dan organisasi lainnya.
- Saat ini sudah ada framework umum untuk manajemen aplikasi yaitu Application Services Library (ASL).
- COBIT (Control Objective For Information and Related Technology).
- COBIT dikeluarkan oleh IT Governance Institute (ITGI). COBIT digunakan untuk menjalankan penentuan atas IT dan meningkatkan pengontrolan IT. COBIT juga berisi tujuan pengendalian, petunjuk audit, kinerja dan hasil metrik, faktor kesuksesan dan maturity model.
2. Jelaskan dan sebutkan teknologi MLSI, beserta contoh !
- ITSM berfokus pada proses,karena terkait dan memiliki minat yang sama dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses (TQM, Six Sigma, Business Process Management, dan CMMI).
- Contohnya ialah Sistem Informasi Pemerintahan, merupakan penggunaan teknologi informasi dalam proses tata kelola negara guna mempermudah pemerintah dalam menentukan kebijakan, seperti menggunakan intranet dan internet, yang mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis dan kegiatan lainnya, seperti proses transaksi bisnis antara publik dengan pemerintah melalui sistem otomasi dan jaringan internet.
3. Sebutkan dan jelaskan strategi design dalam merancang aplikasi manajemen layanan sistem informasi ?
- Perspektif: Visi untuk menentukan arah dan tujuan dalam bertahan dalam pasar dunia.
- Position: Memanfaatkan keunikan posisi sebagai dasar untuk berkompetisi.
- Plan: Rencana bagaimana provider layanan akan meraih visinya.
- Pattern: Pola dasar yang dilakukan berulang dalam pengambilan keputusan yang biasanya berdasarkan tema pokoknya.
4. Perlukah keamanan untuk manajemen layanan sistem informasi, berikan alasannya !
- Perlu, dikarenakan untuk melindungi sistem informasi tersebut dari kebocoran data, serangan eksternal pada sistem tersebut, dan juga untuk menghindari dari hal-hal di luar dugaan.
5. Sebutkan macam-macam aplikasi berbasis mobile dan web untuk MLSI ?
- Merupakan Aplikasi MLSI berbasis web yang berguna untuk mendaftar sekolah negeri di daerah Jakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar